PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA KELAS V SDN NO. 21 TEMBAN KABUPATEN ENREKANG

MUTMAINNA B. (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA KELAS V SDN NO. 21 TEMBAN KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
sampul.docx

Download (35kB)
[img] Text
bagian awal.docx

Download (57kB)
[img] Text
Kajian.docx

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran 4LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA.docx

Download (24kB)

Abstract

Mutmainna B. 2011. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Kelas V SDN No. 21 Temban Kabupaten Enrekang”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Makkasau, M.Si dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V SDN No. 21 Temban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru serta hasil belajar siswa terhadap konsep volume balok di kelas V SDN No. 21 Temban melalui pendekatan matematika realistik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang guru dan 13 siswa kelas V SDN No. 21 Temban Kabupaten Enrekang Tahun ajaran 2010/ 2011. Fokus penelitian ini adalah pendekatan matematika realistik dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriftif. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sedang, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II berada pada kategori tinggi, dan rata-rata aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori sedang, pada siklus II berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas V SDN No. 21 Temban Kabupaten Enrekang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Oct 2023 00:56
Last Modified: 23 Oct 2023 00:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34422

Actions (login required)

View Item View Item