PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD INPRES JONGAYA I KECAMATAN TAMALATE MAKASSAR

AHNANIAR (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD INPRES JONGAYA I KECAMATAN TAMALATE MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Lengkap Ahnaniar Terbaru.rtf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Ahnaniar.doc

Download (45kB)
[img] Text
Bab II Ahnaniar.doc

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Ahnaniar.doc

Download (38kB)

Abstract

Ahnaniar. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muslimin, M.Ed., dan Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Makassar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Makassar yang berjumlah 25 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Prosedur kegiatan dalam penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Data nilai hasil tes belajar yang diperoleh diskoring dan ditabulasikan kemudian dihitung nilai frekuensi, rata-rata dan persentasenya. Hasil penelitian melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pelaksanaan siklus I belum memenuhi KKM yang ditetapkan sebesar 65. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran ini merupakan hal baru bagi siswa sehingga kurang memiliki kesiapan dan guru dalam aktivitas mengajar kurang memberikan materi yang berbeda, kurang membimbing siswa dalam kegiatan tim asal, kurang membimbing siswa dalam tim ahli dan kurang pula dalam memberikan penguatan dan membantu siswa menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran dilanjutkan pada siklus II. Pada pelaksanaan siklus II, hasil belajar siswa telah memenuhi KKM yang ditetapkan sebesar 65. Dengan demikian, pembelajaran IPS dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:45
Last Modified: 20 Oct 2023 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34413

Actions (login required)

View Item View Item