PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID KELAS VA SD INPRES BTN IKIP I MAKASSAR

AMRIADI ALI (2023) PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MURID KELAS VA SD INPRES BTN IKIP I MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN.doc

Download (15MB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI GURU siklus i.docx

Download (27kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI GURU siklus ii.docx

Download (32kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI MURID siklus i.docx

Download (31kB)

Abstract

Amriadi Ali, 2014. Penerapan Teknik Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Murid Kelas VA SD. Inpres. BTN. IKIP I Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh DR. Suarlin, M.Si dan Dra. Nirmala, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VA SD. Inpres BTN. IKIP I Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan teknik role playing dalam pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan kualitas hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SD Inpres BTN IKIP I Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik role playing dalam pembelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan kualitas hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SD Inpres BTN IKIP I Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dengan jumlah siswa 38 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktifitas guru, dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan teknik role playng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatan keterampilan berbicara murid kelas V SD Inpres BTN Ikip I Makasssar . Hal tersebut dapat dilihat pada skor rata-rata yang diperoleh murid meningkat, pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II telah berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:23
Last Modified: 20 Oct 2023 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34404

Actions (login required)

View Item View Item