PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VB SDNSUDIRMAN IV KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR

KARLINA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VB SDNSUDIRMAN IV KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (33kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI karlina.docx

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR ISI Linha.docx

Download (19kB)
[img] Text
Skripsi linha.docx

Download (3MB)

Abstract

Karlina, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VB SDN Sudirman IV Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi dimbimbing oleh Nur Abidah Idrus, S. Pd., M. Pd. dan Dra. Hj. Djohara Nonci, M. Si., Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPA kelas VB SDN Sudirman IV Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar? dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VB SDN Sudirman IV Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPA kelas VB SDN Sudirman IV Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar dan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPA kelas VB SDN Sudirman IV Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dan siklus II masing-masing dua kali pertemuan yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPA dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VB. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan semua siswa kelas VB SDN Sudirman IV Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar yang berjumlah 33 siswa yang terdiri atas 17 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa siklus I masih menunjukkan kategori kurang (K) dan siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). hal ini diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dari kategori kurang (K) pada siklus I dan kategori baik (B) pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dari segi proses terjadi perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran seperti terampil dalam berkomunikasi dan dari segi hasil terjadi peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:08
Last Modified: 19 Oct 2023 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34391

Actions (login required)

View Item View Item