PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NO. 109 INPRES PANRANNUANGKU KABUPATEN TAKALAR

ARNIATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NO. 109 INPRES PANRANNUANGKU KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
Sampul Lengkap Arniati.rtf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Arniati.doc

Download (56kB)
[img] Text
Bab II Arniati.doc

Download (148kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Arniati.rtf

Download (86kB)
[img] Text
FOTO PELAKSANAAN PENELITIAN.docx

Download (4MB)

Abstract

Arniati 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN No. 109 Inpres Panrannuangku Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd.M.Pd. pembimbing I dan Sumarlin Mus, S.Pd.M.Pd. pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berfokus pada masalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran koopetatif examplen on-example, pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN No. 109 Inpres Panrannuangku Kabupaten Takalar? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif example non-example pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN No. 109 Inpres Panrannuangku Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan Model pembelajaran kooperatif exampel non-example dan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No. 109 lnpres Panrannuangku Kabupaten Takalar dengan subjek penelitian pada siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 orang terdiri l2 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam pembelajaran IPS mendapatkan respon yang cukup baik dari siswa. Pada siklus I, hasil belajar siswa masih dalam kategori rendah dikarenakan hasil observasi, respon siswa dalam apersepsi kurang baik karena siswa kurang memahami materi sebelumnya, siswa tegang dan kaku terlihat dari cara duduk dan ekspresi wajah. Sementara pada siklus II, siswa sedikit demi sedikit mulai dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, baik dalam mengeluarkan pendapat, menghargai pendapat orang, sikap mau bekerja sama sudah terlihat cukup baik dibandingkan dengan sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe example non example sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa dan berada pada kategori tinggi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:01
Last Modified: 19 Oct 2023 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34390

Actions (login required)

View Item View Item