PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWAKELAS IV SD INPRES PAPALANG KECAMATAN PAPALANG KABUPATEN MAMUJU

HARNO (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWAKELAS IV SD INPRES PAPALANG KECAMATAN PAPALANG KABUPATEN MAMUJU.

[img] Text
ISI PERBAIKAN.docx

Download (139kB)
[img] Text
BAB I-V.docx

Download (1MB)

Abstract

H A R N O, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Inpres Papalang Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju. Skripsi. Dibimbing Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kelas IV SD Inpres Papalang Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Inpres Papalang Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju? untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Papalang Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju. Pendekatan yang digunkan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitin Tindakakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. fokus penelitian ini adalah Model pembelajaraan Kooperatif tipe Talking Stick dan hasil belajar IPS. Setting penelitian di sekolah SD Inpres Papalang Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas IV SD yang berjumlah 29 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I proses pembelajaran guru berada pada kategori cukup dan belajar siswa berada pada kategori cukup serta hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru berada pada kategori baik serta hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Inpres Papalang Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:53
Last Modified: 19 Oct 2023 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34383

Actions (login required)

View Item View Item