Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran Matematika V SDN 100 Dare Bunga-Bunga’e Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.

SUDIRMAN. S (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran Matematika V SDN 100 Dare Bunga-Bunga’e Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.

[img] Text
Hal. Sampul.docx

Download (33kB)
[img] Text
Hal. Judul.docx

Download (51kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (14kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (18kB)

Abstract

SUDIRMAN. S, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran Matematika V SDN 100 Dare Bunga-Bunga’e Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi ini Dibimbing oleh Dra. St Nursiah B. M.Pd dan Nurhaedah, S.Pd, M.Pd; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 100 Dare Bunga-Bunga’e.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah prosess penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Matematika kelas V dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT kelas V. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Matematika kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran matematika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus pertama dan siklus kedua. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Tehknik yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dan siswa pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada pertemuan ke II yaitu pada kategori baik. Sedangkan hasil penelitian aktivitas guru dan siswa pada siklus II pertemuan I berada pada kategori baik dan pada pertemuan II berada pada kategori sangat baik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar Matematika pada siklus I berada pada kategori tinggi dan pada siklus II hasil belajar Matematika mengalami peningkatan yaitu pada kategori sangat tinggi..Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN 100 Dare Bunga-Bunga’e Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:52
Last Modified: 18 Oct 2023 07:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34378

Actions (login required)

View Item View Item