Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa Kelas V SDN No. 215 Inpres Kupanga Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

Mustamin (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa Kelas V SDN No. 215 Inpres Kupanga Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

[img] Text
Bab I Mustamin.doc

Download (54kB)
[img] Text
Bab II Mustamin.doc

Download (100kB)
[img] Text
Bab III Mustamin.doc

Download (87kB)
[img] Text
Bab IV Mustamin.doc

Download (124kB)
[img] Text
Bab V Mustamin.doc

Download (67kB)
[img] Text
Lampiran Lengkap Mustamin.doc

Download (2MB)
[img] Text
Sampul Lengkap Mustamin.rtf

Download (1MB)

Abstract

Mustamin 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Siswa Kelas V SDN No. 215 Inpres Kupanga Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar . Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaeda, M.Si. dan Dr. Wahira, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN No. 215 Inpres Kupanga Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar? Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No. 215 Inpres Kupanga Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah 1) model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, dan 2) hasil belajar IPA siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 orang terdiri atas 3 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan keterampilan guru pada setiap siklusnya. Pada siklus I berada dalam kategori cukup sedangkan siklus II berada dalam kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa juga meningkat yang ditunjukkan dengan peningkatan siklus I jumlah nilai rata-aktivitas yang diperoleh berada dalam kategori cukup sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata berada dalam kategori baik. Begitu pula halnya dengan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan di mana pada siklus I belum menunjukkan sepenuhnya tuntas secara klasikal namun meningkat dengan memenuhi ketuntasan secara klasikal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:09
Last Modified: 18 Oct 2023 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34373

Actions (login required)

View Item View Item