FATMAH WATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD INPRES PERUMNAS III KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL SKRIPSI .docx Download (23kB) |
|
Text
SAMPUL Dkk.docx Download (95kB) |
|
Text
ISI SKRIPSI .docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (31kB) |
Abstract
Fatmah Wati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd dan Dra. St. Nursiah B,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, disebabkan karena guru tidak melakukan langkah-langkah yang sesuai tahapan proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar keterampilan menulis siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence? Adapun penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menjelaskan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence (2) Untuk menjelaskan gambaran hasil belajar keterampilan menulis siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni: (1) Penerapan model pembelajaran concept sentence (2) Hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 29 siswa yang terdiri atau 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup dan siklus II menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar keterampilan menulis siswa dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 03:40 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 03:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34362 |
Actions (login required)
View Item |