PENERAPAN TEKNIK SPEED READING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 203 INPRES BARUGAYA KABUPATEN TAKALAR

NORMAYANTI (2023) PENERAPAN TEKNIK SPEED READING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 203 INPRES BARUGAYA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
Sampul Lengkap Normayanti.docx

Download (44kB)
[img] Text
Bab I Normayanti.docx

Download (23kB)
[img] Text
Bab II Normayanti.docx

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Normayanti.docx

Download (16kB)
[img] Text
Observasi Guru Siklus I.doc

Download (97kB)
[img] Text
Observasi Guru Siklus II.doc

Download (97kB)
[img] Text
Lampiran Lengkap Normayanti.doc

Download (6MB)
[img] Text
Riwayat Hidup Normayanti.doc

Download (824kB)

Abstract

Normayanti 2014. Penerapan Teknik Speed Reading Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Negeri 203 Inpres Barugaya Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan teknik speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 203 lnpres Barugaya Kabupaten Takalar? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik speed reading dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 203 Inpres Barugaya Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah teknik membaca cepat (speed reading) dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan seluruh siswa kelas V yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes kemampuan membaca pemahaman dengan teknik membaca cepat sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan menjadi kategori baik pada siklus II sementara aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rendahnya aktivitas siswa pada siklus I disebabkan siswa masih keliatan bingung dalam melaksanakan langkah-langkah membaca cepat, siswa belum mampu dalam menemukan kalimat pokok; dan teks bacaan kurang menarik minat siswa. Namun, mengalami peningkatan pada siklus II, di mana siswa menunjukan peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa, kemampuan membaca mereka rata-rata melebihi kemampuan membaca standar dan kelemahan pada beberapa orang siswa dalam membaca terutama dalam kalimat pokok dan membuat ringkasan cerita menjadi bahan kajian bagi guru. Dengan demikian, teknik membaca cepat (speed reading) mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan. Pendekatan ini mengarah pada proses pembelajaran yang sangat menyenangkan dan mampu meningkatkan kemampuan dan menuntun siswa untuk lebih memahami isi bacaan sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:25
Last Modified: 18 Oct 2023 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34360

Actions (login required)

View Item View Item