PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV A DI SD NEGERI SUDIRMAN II KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR

RIZKA AZIS ISMAIL (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV A DI SD NEGERI SUDIRMAN II KECAMATAN UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul paling depan.docx

Download (28kB)
[img] Text
sampul skripsi azis.docx

Download (79kB)
[img] Text
BAB I, II, dan III.docx

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA asli.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

RIZKA AZIS ISMAIL, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV A di SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Widya Karmila Sari A, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Andi Makkasau, M.Si; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV A di SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV A di SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan hasil belajar siswa kelas IV A. Subjek penelitian adalah guru kelas IV A dan siswa sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A. Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori belum tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat dan berada pada kategori tuntas. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan menjadi kategori baik pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dan sudah mencapai indikator keberhasilan secara klasikal pada siswa kelas IV A SD Negeri Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:44
Last Modified: 18 Oct 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34355

Actions (login required)

View Item View Item