PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN BONTOMANAI KANJILO KABUPATEN GOWA

ARMIYANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN BONTOMANAI KANJILO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul1.docx

Download (34kB)
[img] Text
isi skripsi baruuu (Repaired).docx

Download (1MB)
[img] Text
lampiran2.docx

Download (107kB)

Abstract

Sri Darmawati 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN No. 54 Malolo Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd.M.Pd. Pembimbing I dan Sumarlin Mus, S.Pd.M.Pd. Pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pernbelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN No. 54 Malolo Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV SDN No. 54 Malolo Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes keterampilan membaca pemahaman sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN No. 54 Malolo Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru dan siswa pada siklus I berada dalam kategori cukup sementara hasil belajar siswa sudah menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan dengan sebelum tindakan dengan rata-rata berada dalam kategori cukup sedangkan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan siswa pada siklus II berada dalam kategori baik sementara hasil belajar siswa pada siklus II, jumlah siswa yang sudah mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata sebesar berada dalam kategori baik (A). Hal ini berarti siklus II semua siswa telah mencapai KKM.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:25
Last Modified: 16 Oct 2023 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34341

Actions (login required)

View Item View Item