Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Resiliensi Diri (Self Resilience) pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang

Fitriana Bakhtiar (2023) Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Resiliensi Diri (Self Resilience) pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (479kB)

Abstract

Fitriana Bakhtiar, 2023. Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Resiliensi Diri (Self Resilience) pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang. Dibimbing oleh Prof. Dr. Farida Aryani, M. Pd., dan Dr. Abdullah Sinring, M. Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat resiliensi diri pada siswa SMK Negeri 2 Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran resilensi sebelum dan setelah diterapkan layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang, 2) gambaran pelaksanaan penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama pada kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang, 3) pengaruh pelaksanaan penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama untuk meningkatkan resilensi siswa pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan model Quasi Experimental Design. Bentuk desain yang digunakan adalah Quasi Non-equivalent Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 5 siswa. Sampel yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling berupa teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrument yang merupakan skala utama penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif, dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa gambaran resiliensi diri siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang sebelum diterapkan layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama berada pada kategori rendah, dan gambaran resiliensi diri siswa setelah diterapkan layanan konseling kelompok dengan Teknik psikodrama yaitu berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada pelaksanaan penerapan layanan konseling kelompok dengan Teknik psikodrama untuk meningkatkan resiliensi diri pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:15
Last Modified: 13 Oct 2023 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34321

Actions (login required)

View Item View Item