HUBUNGAN ANTARA PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN NO.106 INPRES TAKALAR I KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR

IRNAWATI (2023) HUBUNGAN ANTARA PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN NO.106 INPRES TAKALAR I KECAMATAN MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
prakata.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB I- BAB V.docx

Download (1MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (1MB)

Abstract

IRNAWATI 2014. “Hubungan Antara Pengajaran Remedial dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN No. 106 Inpres Takalar I Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar”. Skripsi Dibimbing oleh Ibu Dr.Wahira M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Drs. Lutfi B, M. Kes selaku pembimbing II Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sejumlah siswa kelas V SDN No. 106 Inpres Takalar I yang terindentifikasi oleh guru mengalami kesulitan belajar, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar beberapa siswa pada mata pelajaran IPS yang tidak memenuhi KKM. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah apakah ada hubungan pengajaran remedial dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN No.106 Inpres Takalar I Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar, adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui hubungan pengajaran remedial dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN No.106 Inpres Takalar I Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian produc momen dengan desain peneliktian Stady korelasi artinya penelitian ini menggambarkan pengajaran remedial dengan hasilk belajar siswa yang mengkaji hubungan di antara keduanya. Subjek penelitian ini difokuskan kepada siswa kelas V yang berjumlah 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN No. 106 Inpres Takalar I khususnya pada mata pelajaran IPS setelah mengikuti pembelajaran guru. Berdasarkan hitungan statistic diperoleh hubungan atau persamaan regresi Ŷ=34,56+0,97X. Persamaan tersebut diartikan bahwa bila dilakukan pembelajaran remedial bagi siswa yang berkesulitan belajar sebesar X maka hasil belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,97. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis merekomendasikan kepada kepada Seorang guru khususnya guru wali kelas diharapkan untuk bisa lebi jeli dalam melihat kesulitan yang dialami siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga akan lebih memudahkan bagi guru untuk menentukan langkah yang harus ditempuh dalam mengatasi setiap masalah yang dialami dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:48
Last Modified: 13 Oct 2023 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34312

Actions (login required)

View Item View Item