PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

IRVINA SUSANTI. R (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL UTAMA.docx

Download (18kB)
[img] Text
2. sampul bagian 2.docx

Download (120kB)
[img] Text
3. SKRIPSI.docx

Download (2MB)
[img] Text
SILABUS.docx

Download (21kB)

Abstract

Irvina Susanti.R. 2015. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd dan Nurhaedah, S.Pd,.M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan tiga kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar IPS berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik (B). Adanya peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siklus I terlihat masih berada dalam kategori Kurang (K) sedangkan pada siklus II berada pada kategori Baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:32
Last Modified: 12 Oct 2023 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34301

Actions (login required)

View Item View Item