ASMA MURSALIM (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 216 TIROANG KECAMATAN TIROANG KABUPATEN PINRANG.
Text
..SAMPUL.docx Download (70kB) |
|
Text
.HALAMANAN DEPAN SKRIPSI.docx Download (96kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (71kB) |
|
Text
Lampiran 33.docx Download (23kB) |
|
Text
Lampiran 32 Hasil Tes Siklus 2.docx Download (31kB) |
Abstract
ASMA MURSALIM, 2015. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SDN 216 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Skripsi. dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 216 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 216 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil IPA pada siswa kelas V SDN 216 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitiaannya yaitu mengkaji penerapan metode eksperimen dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan seluruh siswa kelas V SDN 216 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang yang berjumlah 19 siswa, dengan rincian 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, nilai tes hasil belajar siswa meningkat dari siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat baik. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 216 Tiroang Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 05:47 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 05:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34296 |
Actions (login required)
View Item |