PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MAESARAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Skripsi.doc

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (107kB)
[img] Text
BAB 1.doc

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (31kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (389kB)
[img] Text
OBSERVASI SKRIPSI.doc

Download (210kB)
[img] Text
dokumentasi.doc

Download (14MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (118kB)

Abstract

MAESARAH. 2015.Penerapan Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd, M.Pd dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam menentukan pokok pikiran tiap paragraf. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni 1 orang guru dan 30 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus. Hasil penelitian keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pembelajaran Bahasa Indnesia keterampilan membaca pemahaman dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:40
Last Modified: 12 Oct 2023 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34295

Actions (login required)

View Item View Item