PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LAPASU KECAMATAN BALUSU KABUPATEN BARRU

EMI YULIANA ADNUR (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LAPASU KECAMATAN BALUSU KABUPATEN BARRU.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI EMI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I EMY.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II EMY.pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN HASIL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DOKUMENTASI EMI YULIANA ADNUR.pdf

Download (644kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP EMI YULIANA ADNUR.pdf

Download (93kB)

Abstract

Emi Yuliana Adnur. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Negeri Lapasu Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed, dan Sumarlin Mus, S.Pd.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian adalah metode demonstrasi dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 14orang siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap proses dan hasil belajar IPA. Pada siklus I aktivitas mengajarguru berada pada kategori baik menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori baik menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar IPA pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar IPA siswa berada dalam kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar IPA sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:16
Last Modified: 12 Oct 2023 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34290

Actions (login required)

View Item View Item