FIRDAUS (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 11 PADANGTANGARAYA DESA TOMPO BULUKECAMATAN BALOCCI KABUPATEN PANGKEP.
Text
Sampul depan.docx Download (23kB) |
|
Text
Sampul hal. i.docx Download (24kB) |
|
Text
halaman depan popo (Repaired).docx Download (45kB) |
|
Text
Level Terakhir (Repaired).docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (130kB) |
Abstract
Firdaus, 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 11 Padangtangaraya Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Skripsi dibimbing oleh Dr.Andi Makkasau,M.Si. dan Dr.Wahira,M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sehingga timbul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkan Strategi Pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPA kelas V SDN 11 Padangtangaraya Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan Strategi Pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPA kelas V SDN 11 Padangtangaraya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelelitian adalah penerapan strategi pembelajaran inquiry dan hasil belajar IPA siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah seorang guru yakni wali kelas V dan siswa kelas V SDN 11 Padangtangaraya dengan jumlah 16 siswa, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 11 Padangtangaraya Desa Tompo Bulu Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:50 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 02:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34287 |
Actions (login required)
View Item |