PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ELLI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.docx

Download (90kB)
[img] Text
2.docx

Download (1MB)

Abstract

Elli, 2015, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Amrah, S. Pd, M. Pd. dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, tiap siklus terdiri atas empat tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 21 orang siswa, dengan jumlah 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru pada siklus I pertemuan I dan II berada pada kategori kurang dan aktifitas siswa pada siklus I pertemuan I dan II berada pada kategori kurang. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dimana aktifitas guru pada siklus II pertemuan I dan II berada pada kategori baik dan aktivitas siswa pada siklus II pertemuan I dan II berada pada kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup (belum tuntas) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (tuntas). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:31
Last Modified: 12 Oct 2023 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34284

Actions (login required)

View Item View Item