PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN I MAKASSAR

WAHIDAH (2023) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SUDIRMAN I MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL depan.docx

Download (22kB)
[img] Text
Daftar ISI, PRakta,Motto.docx

Download (112kB)
[img] Text
Ujian TUTUP.docx

Download (13MB)

Abstract

Wahidah. 2015. Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Sudirman I Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. dan Hj.Nurhaedah,S.Pd.,M.Hum. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Sudirman I Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Sudirman I Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Sudirman I Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sudirman I Makassar dengan jumlah siswa 48 orang terdiri dari 25 siswa laki – laki dan 23 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I mengalami peningkatan dari pertemuan pertama kategori sangat kurang (SK), pertemuan kedua kategori kurang (K) dan pertemuan ketiga menjadi kategori cukup (C) dan pada siklus II dari pertemuan pertama kategori cukup (C), pertemuan kedua kategori baik (B) dan pertemuan ketiga menjadi kategori sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I dari pertemuan pertama dan kedua kategori sangat kurang (SK) dan pada pertemuan ketiga menjadi kategori kurang (K) dan siklus II pertemuan pertama kategori cukup (C), pertemuan kedua kategori baik dan pertemuan ketiga menjadi kategori sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Sudirman I Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 00:56
Last Modified: 12 Oct 2023 00:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34279

Actions (login required)

View Item View Item