PENERAPAN STRATEGI INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS V SDN 8/18 BONTOWA KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

A. RISDHA AULIA .M (2023) PENERAPAN STRATEGI INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID KELAS V SDN 8/18 BONTOWA KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
sampul hasil.docx

Download (22kB)
[img] Text
bagian depan hasil.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (21kB)

Abstract

A. Risdha Aulia .M, 2014.Penerapan Strategi Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas V SDN 8/18 Bontowa Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi, dibimbing oleh: Dra. Hj. Johara Nonci, M. Si. dan Widya Karmila Sari A, S.Pd., M. Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 8/18 Bontowa Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi inkuiri dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 8/18 Bontowa Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi inkuiri dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 8/18 Bontowa Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitiaannya yaitu mengkaji penerapan strategi inkuiri dan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA, Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan seluruh siswa kelas V SDN 8/18 Bontowa Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep yang berjumlah 24 orang, dengan rincian 8 murid laki-laki dan 16 murid perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas pembelajaran pada setiap siklusnya, aktivitas guru dan murid pada siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus II berada pada kategori baik. Selain itu, peningkatan hasil belajar terlihat pada meningkatnya nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II, ketuntasan secara klasikal telah mencapai indikator yang ditetapkan. Hasil belajar murid siklus I berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II dikategorikan baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar murid dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi inkuiri di kelas V SDN 8/18 Bontowa Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:36
Last Modified: 11 Oct 2023 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34273

Actions (login required)

View Item View Item