PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (KBS) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURZAMZAM (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (KBS) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (64kB)
[img] Text
skripsi jadi2 bagus.docx

Download (1MB)

Abstract

Nurzamzam. 2014. Peningkatan hasil belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur (KBS) pada Siswa Kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M. Kes. Sebagai pembimbing I dan Drs. Muh. Faisal, M. Pd. Sebagai pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikann Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur (KBS) pada kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe KBS dalam materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah pada siswa kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar. Manfaat penelitian terbagi menjadi dua yakni manfaat teoretis (bagi akademis dan peneliti) dan manfaat praktis (bagi siswa, guru dan lembaga pendidikan yang terkait). Hipotesis tindakan penelitian ini adalah jika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe KBS, maka hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar akan meningkat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup di siklus II berada pada kategori baik sekali. Aktivitas belajar siswa pada siklus I masuk pada kategori cukup dan terjadi peningkatan pada siklus II masuk pada kategori baik sekali. Selain itu peningkatan hasil belajar terlihat pada hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan sedang, namun pada siklus II mengalamii peningkatan dan berada pada kategori tinggi. Jadi disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur (KBS) dapat meningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:50
Last Modified: 06 Oct 2023 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34265

Actions (login required)

View Item View Item