Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 186 Lemahabang Kabupaten Luwu Utara

NURLINDASARI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 186 Lemahabang Kabupaten Luwu Utara.

[img] Text
sampul linda.docx

Download (61kB)
[img] Text
bagus mi.docx

Download (2MB)

Abstract

NURLINDASARI. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 186 Lemahabang Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Di bimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M. Si dan Dra. Hj. Syamsiah D., S.pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 186 Lemahabang Kab. Luwu Utara. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 186 Lemahabang Kabupaten Luwu Utara?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 186 Lemahabang Kabupaten Luwu Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 186 Lemahabang Kabupaten Luwu Utara. Jumlah siswa 28 orang, terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Fokus penelitin ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa pada siklus pertama hasil belajar siswa masih tergolong sedang. Namun pada siklus kedua mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat tinggi. Aktivitas mengajar guru pada siklus satu masih berada pada kategori cukup dan aktivitas belajar siswa juga berada dalam kategori cukup. Pada hasil observasi siklus kedua baik guru maupun siswa sudah mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik. Jadi disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur dapat meningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 186 Lemahabang Kabupaten Luwu Utara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:21
Last Modified: 06 Oct 2023 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34262

Actions (login required)

View Item View Item