EVI ELVIRA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 60TANETE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
I. Sampul.docx Download (18kB) |
|
Text
II. Halaman Kecil.doc Download (68kB) |
|
Text
III. Daftar isi.rtf Download (110kB) |
|
Text
Bab I.docx Download (35kB) |
|
Text
Bab II.docx Download (44kB) |
|
Text
Daftar pustaka.docx Download (33kB) |
|
Text
IV tes instrumen siklus I.docx Download (72kB) |
|
Text
V tes instrumen siklus II.docx Download (79kB) |
|
Text
VIII DATA KESSELURUHAN.docx Download (24kB) |
|
Text
X Foto2 Penelitian.docx Download (1MB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (50kB) |
Abstract
Evi Elvira. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba . Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M. Kes. dan Ahmad Syawaluddin, S. Kom, M. Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setting penelitian yaitu kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 18 orang yang terdiri atas 9 laki-laki dan 9 perempuan. Fokus penelitian yaitu penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan hasil belajar MATEMATIKA pada siswa kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) yaitu pada siklus I dengan nilai yang diperoleh dikategorikan kurang dan belum berhasil, kemudian pada siklus II dengan nilai yang diperoleh dikategorikan baik dan sudah berhasil. Demikian pula partisipasi atau keaktifan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran sudah mengalami peningkatan pada siklus kedua dibandingkan siklus pertama.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:22 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 03:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34259 |
Actions (login required)
View Item |