PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 60TANETE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA

EVI ELVIRA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 60TANETE KECAMATAN BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
I. Sampul.docx

Download (18kB)
[img] Text
II. Halaman Kecil.doc

Download (68kB)
[img] Text
III. Daftar isi.rtf

Download (110kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (35kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (44kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (33kB)
[img] Text
IV tes instrumen siklus I.docx

Download (72kB)
[img] Text
V tes instrumen siklus II.docx

Download (79kB)
[img] Text
VIII DATA KESSELURUHAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
X Foto2 Penelitian.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (50kB)

Abstract

Evi Elvira. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba . Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M. Kes. dan Ahmad Syawaluddin, S. Kom, M. Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setting penelitian yaitu kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba, subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 18 orang yang terdiri atas 9 laki-laki dan 9 perempuan. Fokus penelitian yaitu penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Adapun teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan hasil belajar MATEMATIKA pada siswa kelas V SD Negeri 60 Tanete Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) yaitu pada siklus I dengan nilai yang diperoleh dikategorikan kurang dan belum berhasil, kemudian pada siklus II dengan nilai yang diperoleh dikategorikan baik dan sudah berhasil. Demikian pula partisipasi atau keaktifan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran sudah mengalami peningkatan pada siklus kedua dibandingkan siklus pertama.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:22
Last Modified: 06 Oct 2023 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34259

Actions (login required)

View Item View Item