PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRSHARE(TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SAMIUN KOTA MAKASSAR

SRI WAHYUNI HARUNA (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRSHARE(TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARIPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SAMIUN KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPULKU.docx

Download (19kB)
[img] Text
HAL DEPAN PERBAIKAN.docx

Download (71kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran Tabel Observasi.docx

Download (27kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

Sri Wahyuni Haruna, 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri Samiun Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M. Kes dan Dra. Hj.Nurhaedah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan hasil belajar IPS melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri Samiun Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Samiun Kota Makassar melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPS. Pendekatan yang digunakan adalah Kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SD Negeri Samiun Kota Makassar yang berjumlah 30 orang yang terdiri 17 laki-laki dan 13 perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah Proses Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan hasil belajar setelah sistem Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Samiun Kota Makassar melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti bahwa penggunaan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Samiun Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:15
Last Modified: 06 Oct 2023 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34258

Actions (login required)

View Item View Item