PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 297 MATEKKO KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA

LAELA IMTIHANI (2023) PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 297 MATEKKO KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL JUDUL.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN DEPAN.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB I-V.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (49kB)

Abstract

LAELA IMTIHANI, 2014, Penerapan Teknik Mind Mapping Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SDN 297 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M. Si. dan Dr. Wahira, M. Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama Bagaimanakah penerapan teknik mind mapping pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran menulis kelas IV SDN 297 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba dan kedua Bagaimanakah hasil belajar menulis siswa setelah diterapkan teknik mind mapping pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 297 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba ?. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan teknik mind mapping pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran menulis dan mendeskripsikan hasil belajar menulis siswa setelah diterapkan teknik mind mapping pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 297 Matekko. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan teknik mind mapping dan keterampilan menulis. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 297 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, berjumlah 21 orang, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Begitupula dengan aktivitas siswa, pada pada siklus I dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal ini terbukti dari nilai tes hasil keterampilan menulis siswa pada siklus I berada pada ketegori sedang, sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi. Dengan demikian penerapan teknik mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 297 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:35
Last Modified: 06 Oct 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34254

Actions (login required)

View Item View Item