PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MURID KELAS IV SD INPRES BENTENG 11 BORONG UNTIA KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

A. PRADIKA ASHARI, S (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MURID KELAS IV SD INPRES BENTENG 11 BORONG UNTIA KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (56kB)
[img] Text
skripsi isi.docx

Download (76kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (248kB)

Abstract

A. Pradika Ashari, S 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Murid Kelas IV SD Inpres Benteng 11 Borong Untia Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd dan Dra. Hj. Marsuhah S, S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid kelas IV SDN Inpres Benteng 11 Borong Untia Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada murid kelas IV SDN Inpres Benteng 11 Borong Untia Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian: 1) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, 2) Hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Benteng 11 Borong Untia Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto sebanyak 10 terdiri atas 4 laki-laki dan 6 perempuan. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif yang terdiri atas menyelidiki data, 2) menyajikan data, dan 3) menarik kesimpulan dan verifikasi”. Jadi hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I dan II yaitu: pada siklus I hasil belajar siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada Murid Kelas IV SDN Inpres Benteng 11 Borong Untia Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:45
Last Modified: 06 Oct 2023 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34251

Actions (login required)

View Item View Item