PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 94 KAMPIRI KECAMATAN CITTA KABUPATEN SOPPENG

UPRIYANTI CANDRA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 94 KAMPIRI KECAMATAN CITTA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Halaman Sampul utama upry.docx

Download (21kB)
[img] Text
Halaman sampul kedua abstrak.docx

Download (56kB)
[img] Text
skripsi upry asli edit ujian hasil baru sekali.docx

Download (3MB)

Abstract

Upriyanti Candra. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd dan Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng dan adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng, sebanyak 16 orang, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator serta memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar IPA berada pada kategori kurang (K) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:32
Last Modified: 06 Oct 2023 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34250

Actions (login required)

View Item View Item