PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS METODE GASING UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG

Nuryani, Nuryani (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS METODE GASING UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(21) JURNAL Nuryani.docx

Download (92kB)

ABSTRACT The purpose of this study was to produce a learning device physics profile characterized by a top physics-based learning methods are valid, practical, and effective: includes: RPP and LKPD. This research is a development (development research). The desired product in this study is a physics-based learning device physics methods gasing valid, practical, and effective. Those products include: (1) Learning Implementation Plan (RPP), and (2) Activity Sheet Students (LKPD). The development process using a modified 4-D models of Thiagarajan comprising defining stages (define), design (design), development (develop), and the spread (disseminate). Experiments conducted on the device paserta A student of class VIII SMP Negeri 1 Pa'jukukang second semester of 2015/2016 academic year as many as 26 people. The research instruments used include sheet validation device, instrument observation sheet (teacher's ability to manage learning, keterlaksanaan learning device, the activity of learners), the questionnaire responses of learners towards learning. The instruments are instruments that have been used in previous studies but has been modified as a material adjustment to the pressure in this study. The results obtained in these trials is a physics-based learning tools gasing method is valid, practical, and effective. Keywords: Physics-Based Learning Tool Gasing Method ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan profil perangkat pembelajaran fisika yang bercirikan pembelajaran berbasis metode fisika gasing yang valid, praktis, dan efektif : meliputi: RPP dan LKPD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Produk yang diinginkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika berbasis metode fisika gasing yang valid, praktis, dan efektif. Produk tersebut meliputi: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan (2) Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Proses pengembangan menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Ujicoba perangkat dilakukan pada paserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Pa’jukukang tahun pelajaran 2015/2016 semester genap sebanyak 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi perangkat, instrumen lembar observasi (kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, keterlaksanaan perangkat pembelajaran, aktivitas peserta didik), angket respons peserta didik terhadap pembelajaran. Instrumen tersebut merupakan instrumen-instrumen yang telah digunakan dalam penelitian sebelumnya tetapi telah dimodifikasi sebagai penyesuaian terhadap materi tekanan dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut adalah perangkat pembelajaran fisika berbasis metode gasing yang valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci:Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Metode Gasing

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:32
Last Modified: 30 Oct 2017 01:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item