PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 94 KAMPIRI KECAMATAN CITTA KABUPATEN SOPPENG

N O R E M M A (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 94 KAMPIRI KECAMATAN CITTA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
Halaman Sampul utama emha.docx

Download (21kB)
[img] Text
Halaman sampul kedua.docx

Download (67kB)
[img] Text
skripsi asli emha, S.Pd.docx

Download (2MB)

Abstract

Noremma.2014. Penerapan Model PembelajaranThink Pair And Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. Skripsi dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, Nurhaedah, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kelas IV SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan aktivitas sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk bertanya baik kepada guru maupun kepada temannya tentang materi yang tidak dimengerti serta terjalin hubungan interaksi antar teman-teman yang lain sehingga pengetahuan siswa tentang materi pelajaran IPS berkembang sedangkan segi hasil dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB) sehingga hasil penelitian dikatakan sudah tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 94 Kampiri Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:18
Last Modified: 06 Oct 2023 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34248

Actions (login required)

View Item View Item