PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING UNTUK MENGINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

IJA SRIRAHMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING UNTUK MENGINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL PRINT IJA.docx

Download (47kB)
[img] Text
propsal pking baru (Repaired).docx

Download (128kB)
[img] Text
Lampiran Ijha (Repaired) 1.docx

Download (3MB)

Abstract

Ija Srirahmawati. 2014. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran bahasa Indonesia Di Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. dan Widya Karmila Sari A, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Hal ini disebabkan oleh dua factor yaitu: faktor guru dan siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing adalah salah satu cara untuk mengatasai masalah tersebut rendahnya keterampilan berbicara siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 18 orang siswa yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 9 orang laki-laki pada tahun pelajaran 2013/2014 semester genap dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi sedangkan analisis data digunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategori baik sedangkan, selanjutnya pada siklus II meningkat dengan kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dari kategori baik pada siklus I menjadi kategori sangat baik pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:29
Last Modified: 05 Oct 2023 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34242

Actions (login required)

View Item View Item