PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 114 BALOMBONG KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG

HINAYA (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 114 BALOMBONG KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (129kB)
[img] Text
skripsi lengkap nayah.docx

Download (5MB)

Abstract

HINAYA. 2014. Penerapan Starategi Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran IPA Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 114 Balombong Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh: Dra.Hj.Syamsiah D,S.Pd.,M.Pd. dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SDN 114 Balombong Kabupaten Enrekang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 114 Balombong setelah diterapkannya strategi pembelajaran Inquiry. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SDN 114 Balombong sejumlah 21 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013/2014 di semester ganjil. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi sedang analisis data digunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup sedangkan siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori sangat kurang dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 114 Balombong Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:57
Last Modified: 05 Oct 2023 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34236

Actions (login required)

View Item View Item