PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALANRO KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU

YULIAWATI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALANRO KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU.

[img] Text
Halaman Sampul 1_2.docx

Download (84kB)
[img] Text
halaman sampul kedua_2_ EDIT.docx

Download (123kB)
[img] Text
Semoga lancarrrrrrr. Aaaaamin.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (85kB)

Abstract

YULIAWATI. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Palanro Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Palanro Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas V SD Negeri 1 Palanro Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan hasil belajar IPS siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 28 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mengalami peningkatan yaitu pada siklus I berada pada kategori Kurang (K) dan siklus II berada pada kategori Sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Palanro Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:06
Last Modified: 05 Oct 2023 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34231

Actions (login required)

View Item View Item