Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA dan Penanganannya (Studi Kasus di SMAN 1 Sidrap)

Ummu Kalsum Hasri (2023) Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA dan Penanganannya (Studi Kasus di SMAN 1 Sidrap).

[img] Text
JURNAL - UMMU KALSUM HASRI - 1844042039.pdf

Download (490kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa yang berinisial MS mengalami kejenuhan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran kejenuhan belajar siswa berinisial MS kelas XI IPA di SMAN 1 Sidrap, (2)Faktor- faktor pemicu kejenuhan belajariyangiterjadi pada siswa berinisial MS kelas XI IPA di SMAN 1 Sidrap, (3) Upaya penanganan kejenuhan belajar yang tepat terhadap siswa berinisial MS kelas XI IPA di SMAN 1 Sidrap. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian sebanyak satu orang siswa dengan inisial MS. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Siswa MS mengalami kejenuhan belajar ditandai dengan. gejala seperti merasa pusing (sakit kepala), mudah marah, dan sering mengeluhdikarenakan tugas yang menumpuk. (2) Faktor penyebab kejenuhan belajar siswa MS yaitu banyaknya tugas dalam sehari dan hampir setiap mata pelajaran tugasnya selalu ada. Metode pembelajaran guru yang kurang menarik menyebabkan siswa MS merasa bosan dan mengantuk pada saat mengikuti pembelajaran di kelas. (3) Upaya penanganan bagi siswa MS yang mengalami kejenuhan belajar adalah melalui pelaksanaan konseling dengan teknik self management dan dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan yang dapat mengatasi faktor penyebab kejenuhan belajar pada siswa dan mencegah gejala kejenuhan belajar baru. Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Self Management

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:14
Last Modified: 04 Oct 2023 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34208

Actions (login required)

View Item View Item