HARDIANTI HAJRA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE ABACAGA PADA ANAK AUTIS KELAS IV SLB-C YPPLB MAKASSAR.
Text
Artikel Dian (1).docx Download (65kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca murid autis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca permulaan di SLB-C YPPLB Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan anak autis kelas IV di SLB-C YYPLB Makassar sebelum menggunakan metode ABACAGA. Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan anak autis kelas IV di SLB-C YPPLB Makassar setelah penggunaan metode ABACAGA. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian satu orang murid autis kelas IV. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemberian tes. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan membaca permulaan pada murid autis masih rendah, kemampuan membaca permulaan pada murid autis meningkat sesudah penggunaan metode Abacaga, penggunaan metode Abacaga dapat membantu murid autis dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Kata kunci : Kemampuan membaca permulaan, metode Abacaga
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 02:36 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34175 |
Actions (login required)
View Item |