MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE ABACAGA PADA ANAK AUTIS KELAS IV SLB-C YPPLB MAKASSAR

HARDIANTI HAJRA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE ABACAGA PADA ANAK AUTIS KELAS IV SLB-C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Dian (1).docx

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca murid autis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca permulaan di SLB-C YPPLB Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan anak autis kelas IV di SLB-C YYPLB Makassar sebelum menggunakan metode ABACAGA. Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan anak autis kelas IV di SLB-C YPPLB Makassar setelah penggunaan metode ABACAGA. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian satu orang murid autis kelas IV. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemberian tes. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan membaca permulaan pada murid autis masih rendah, kemampuan membaca permulaan pada murid autis meningkat sesudah penggunaan metode Abacaga, penggunaan metode Abacaga dapat membantu murid autis dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Kata kunci : Kemampuan membaca permulaan, metode Abacaga

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:36
Last Modified: 29 Sep 2023 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34175

Actions (login required)

View Item View Item