Penerapan Teknik Reframing dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Toleransi Sosial Siswa di SMA Negeri 2 Pare�Pare

Ummulia Ainun Rauf (2023) Penerapan Teknik Reframing dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Toleransi Sosial Siswa di SMA Negeri 2 Pare�Pare.

[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (141kB)

Abstract

Ummulia Ainun Rauf. 2022. Penerapan Teknik Reframing dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Toleransi Sosial Siswa di SMA Negeri 2 Pare�Pare. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Dr. Suciani Latif, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran toleransi sosial siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Pare-Pare. 2) Gambaran pelaksanaan teknik reframing dalam meningkatkan toleransi sosial siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Pare-Pare .3) Penerapan teknik reframing dapat meningkatkan toleransi sosial siswa kelas X IPS di SMA Negeri 2 Pare-Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Quasi experimental design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala toleransi sosial dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat toleransi sosial siswa SMA Negeri 2 Pare-Pare berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik reframing dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui lima tahapan yaitu rasional treatment, identifikasi persepsi dan perasaan konseli dalam situasi problem, mengenang kembali secara sengaja persepsi yang menimbulkan masalah, identifikasi persepsi alternative, modifikasi persepsi dalam situasi problem, dan memberikan tugas rumah dan tindak lanjut. Pada saat pelaksanaan teknik reframing, partisipasi siswa berada pada kategori tinggi. 3) Penerapan teknik reframing dapat meningkatkan toleransi sosial siswa secara signifikan di SMA Negeri 2 Pare-pare.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:47
Last Modified: 21 Sep 2023 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34162

Actions (login required)

View Item View Item