Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VA UPT SDN 14 Tamalatea Kabupaten Jeneponto

MOHAMMAD YOSFIAH (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VA UPT SDN 14 Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
Artikel_PJE_Mohammad Yosfiah-1947442017.pdf

Download (597kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dan menggunakan desain nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VA UPT SDN 14 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VA UPT SDN 14 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. yang berjumlah 48 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan independent sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas eksperimen berlangsung secara efektif, dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VA UPT SDN 14 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Kata Kunci: Audio Visual, Keterampilan Menulis Karangan Narasi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:06
Last Modified: 18 Sep 2023 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34112

Actions (login required)

View Item View Item