RISMAYANI RISAAD (2023) Pengaruh Penerapan Syllabic Method Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2.
Text
Jurnal Rismayani Risaad.docx Download (193kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan sisiwa kelas II SDN 001 Tinambung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh penerapan metode pembelajaran syllabic method terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 001 Tinambung. Variabel bebas dalam penelitian ini penggunakan metode pembelajaran syllabic method dan variabel terikatnya ialah kemampuan membaca permulaan siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental dengan penelitian nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas II SDN 001 Tinambung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar dengan sampel kelas II A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 16 orang dan kelas II B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Metode pengumpulan data adalah tes lisan, lembar observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes lisan berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskripstif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh p-value atau sig hitungnya 0,042 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan syllabic method terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 001 Tinambung Kecamatan Tinambung Kabuten Polewali Mandar. Kata Kunci : Syllabic Method, Kemampuan Membaca Permulaan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 01:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 01:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34024 |
Actions (login required)
View Item |