Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis, Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SD Berbantuan Karya II

Nur Hidayatullah (2023) Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis, Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SD Berbantuan Karya II.

[img] Text
Jurnal Ilmiah_Nur Hidayatullah_1744041024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nur Hidayatullah, 2023. Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis, Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SD Berbantuan Karya II. Skripsi, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan . Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Dr. Suciani Latif, M.Pd). Permasalahan dalam penelitian ini yakni faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara pola asuh demokratis dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Berbantuan Karya II, (2) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Berbantuan Karya II, (3) hubungan antara pola asuh demokratis dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Berbantuan Karya II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Variabel penelitian terdiri atas 3, yaitu dua variabel bebas (X) dan satu variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi sebesar 40 siswa. Populasi penelitian kurang dari seratus atau relatif kecil, sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian sebesar 40 siswa dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dengan menggunakan angket Skala Likert dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola asuh demokratis, motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Berbantuan Karya II tergolong sedang, dengan nilai pola asuh sebesar 70%, motivasi belajar sebesar 68% dan hasil belajar sebesar 52%. (2) secara partial terdapat hubungan signifikan dan positif antara pola asuh demokratis dengan hasil belajar siswa kelas tinggi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,642 pada taraf sedang dan sumbangan variabel X1 terhadap Y sebesar 41,2%. (3) secara partial tidak terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas tinggi. (4) hubungan secara bersama-sama antara pola asuh demokratis dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas tinggi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,650 dengan determinansinya sebesar 42,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis dan motivasi belajar secara simultan berhubungan signifikan dan positif dengan hasil belajar siswa kelas tinggi di SD Berbantuan Karya II. Dengan demikian dapat dikatakab bahwa semakin tinggi pola asuh demokratis orang tua dan motivasi belajar maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa kelas tinggi SD Berbantuan Karya II.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:17
Last Modified: 07 Sep 2023 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33962

Actions (login required)

View Item View Item