Penerapan Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas XI SMAN 2 Takalar

AMRIANA (2023) Penerapan Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas XI SMAN 2 Takalar.

[img] Text
Jurnal Ilmiah_Amriana_1744040021.pdf

Download (734kB)

Abstract

AMRIANA, 2023. Penerapan Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas XI SMAN 2 Takalar. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M. Si dan Nur Fadhilah Umar, S.Pd., M.Pd.). Penelitian ini menelaah penerapan konseling realitas untuk Meningkatkan harga diri pada Siswa kelas XI SMAN 2 Takalar. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana gambaran harga diri siswa di kelas XI SMAN 2 Takalar? (2) Bagaimana gambaran penerapan konseling realitas dalam meningkatkan harga diri siswa di kelas XI SMAN 2 Takalar? (3) Apakah penerapan konseling realitas dapat meningkatkan harga diri siswa di kelas XI SMAN 2 Takalar?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui harga diri siswa di kelas XI SMAN 2 Takalar. (2) Untuk mengetahui gambaran penerapan konseling realitas di kelas XI SMAN 2 Takalar. (3) Untuk mengetahui penerapan konseling realitas dapat meningkatkan harga diri siswa di kelas XI SMAN 2 Takalar. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan bentuk desain pretet posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 88 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala self esteem, dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis inferensial dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat harga diri siswa kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori rendah, pada saat pemberian posttest tingkat harga diri siswa meningkat ke kategori sedang. Sedangkan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan atau teknik konseling realitas pada saat pemberian pretest berada pada kategori rendah dan sedang dan setelah diberikan posttest tingkat harga dirinya tetap pada kategori rendah dan sedang. (2) Pelaksanaan konseling realitas untuk meningkatkan harga diri siswa dilaksanakan sebanyak 5 kali tahapan di mana tahap 1 yaitu keterlibatan, tahap 2 yaitu keinginan (wants), tahap 3 yaitu arah dan tindakan (doing and direction), tahap 4 yaitu penilaian (evaluation), dan tahap 5 yaitu rencana (planning). (3) Penerapan konseling realitas dapat meningkatkan harga diri siswa di kelas XI SMAN 2 Takalar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:35
Last Modified: 07 Sep 2023 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item View Item