LISKAWATI (2023) PENGAJARAN SAINS MELALUI DEMONSTRASI: PENDEKATAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS LINGKUNGAN SISWA.
Text
Liskawati_Artikel.docx Download (62kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar saintifik kelas V di UPT SDN 127 Inpres Komara I Kecamatan Polut Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran demonstratif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar saintifik siswa kelas V di UPT SDN 127 Inpres Komara I Kecamatan Polut Kabupaten Takalar. Strategi penelitian ini adalah kualitatif. Studi semacam ini disebut penelitian tindakan kelas, dan itu memerlukan perencanaan, pelaksanaannya, pemantauannya, dan refleksinya. Paradigma pembelajaran demonstrasi dan hasil belajar IPA menjadi topik utama penelitian ini. Guru dan anak kelas V di UPT SD Negeri 127 Inpres Komara I Kecamatan Polut Kabupaten Takalar dijadikan sebagai subjek penelitian. 7 laki-laki dan 6 perempuan yang mengikuti semester genap tahun akademik 2022–2023: metode pengumpulan data observasi, penilaian, dan kertas kerja. Tiga pendekatan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis temuan penelitian menunjukkan adanya pertumbuhan yang signifikan pada setiap siklusnya. Nilai tes siklus I dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II dengan kualifikasi sesuai. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SDN 127 Inpres Komara I Kecamatan Polut Kabupaten Takalar. Kata Kunci : Demonstration, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 01:55 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 01:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33947 |
Actions (login required)
View Item |