PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PELAJARAN PKn KELAS V

SITTI LUTFIAH ANDRIYANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PELAJARAN PKn KELAS V.

[img] Text
ARTIKEL SITTI LUTFIAH ANDRIYANI.docx

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN No 196 Inpres Bontomajanang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PKn kelas V UPT SDN No.196 Inpres Bontomajannang dengan menggunakan model pembelajaran berbasisis masalah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Penggunaan Model pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kritis siswa kelas V UPT SDN No.196 Ipnres Bontomajannang Kabupaten Takalar yang berjumlah 30 peserta didik Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui Lembar Observasi guru dan siswa , dokumentasi dan Tes. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes yang digunakan untuk mengukur Kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data Kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan melalui penggunaan Model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V UPT SDN No.196 Inpres Bontomajannag kabupaten Takalar pada siklus I berada pada kategori belum tuntas dan pada siklus ll mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tuntas pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V UPT SDN No. 196 Inpres Bontomajannang kabupaten Takalar. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, berpikir kritis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:33
Last Modified: 06 Sep 2023 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33926

Actions (login required)

View Item View Item