Pengaruh Kompetensi Tutor terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Paket B di PKBM Batu Tujua Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba

ANDI RATNA WINIS MAPPESONANG (2023) Pengaruh Kompetensi Tutor terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Paket B di PKBM Batu Tujua Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
PJE A.RATNA WINIS.docx

Download (360kB)

Abstract

ANDI RATNA WINIS MAPPESONANG.2023. Pengaruh Kompetensi Tutor terhadap Hasil Belajar Warga Belajar Paket B di PKBM Batu Tujua Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Pembimbing dalam penelitian ini adalah Prof.Dr.H.Syamsul Bakhri Gaffar, M.Si. dan Fatmawati Gaffar, S.Pd. M.Pd, pada program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kompetensi tutor dengan hasil belajar warga belajar Paket B di PKBM Batu Tujua Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jumlah populasi 75 warga belajar program paket B. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan uji regresi linier sederhana. dari penjelasan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, yang dimaksud dengan kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik/ warga belajar. Indikatornya adalah sebagai berikut: Kesiapan memberikan pembelajaran, keteraturan dalam memberikan pembelajaran, kedisiplinan sebagai pendidik, kemampuan menyampaikan materi, kemampuan menjawab pertanyaan, pemberian umpan balik terhadap tugas dan memberikan tugas. Kompetensi kepribadian ini merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantab, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik atau warga belajar dan berakhlak mulia. Tutor bukan semata-mata sebagai pengajar namun sebagai pendidik atau agen perubahan warga belajar ke arah yang lebih baik dari sisi kognitif, afektif dan psikomotornya. Sebagai agen perubahan, para tutor tidak lepas dari tuntutan untuk menunjukkan kemampuan sosial yaitu mampu berkomunikasi, bekerjasama, menyampaikan pendapat. Berdasarkan data ternyata para warga belajar menyatakan bahwa tutor Paket B di PKBM Batu Tujua Kabupaten Bulukumba memiliki kompetensi sosial yang sangat tinggi. Kompetensi profesional ini berkaitan dengan kemampuan pendidik berkenaan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan subtansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah keilmuan sebagai PTK-PNF.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:41
Last Modified: 31 Aug 2023 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33896

Actions (login required)

View Item View Item