Penerapan Teknik Solution Focused Brief Counseling Untuk Mengurangi Stress Belajar Siswa di SMK Negeri 7 Majene.

Nurafiah (2023) Penerapan Teknik Solution Focused Brief Counseling Untuk Mengurangi Stress Belajar Siswa di SMK Negeri 7 Majene.

[img] Text
PJAHSS Nurafiah.pdf

Download (796kB)

Abstract

Nurafiah, 2023. Penerapan Teknik Solution Focused Brief Counseling Untuk Mengurangi Stress Belajar Siswa di SMK Negeri 7 Majene. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas llmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si,Kons. Dan Akhmad Harum S.Pd, M.Pd). Penelitian ini menelaah tentang Penerapan Teknik Solution Focused Brief Counseling untuk Mengurangi Stress Belajar Siswa di SMK Negeri 7 Majene. Kajian utama dari penelitian ini adalah:(1) Gambaran stress belajar siswa di SMK Negeri 7 Majene, (2) Gambaran pelaksanaan teknik solution focused brief counseling dalam mengurangi stress belajar siswa di SMK Negeri 7 Majene, (3) Teknik solution focused brief counseling dapat mengurangi stress belajar siswa di SMK Negeri 7 Majene. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan model true experiment design. Bentuk desain yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah randomized pretestposttest control group design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 yang terbagi menjadi 8 kelompok eksperimen dan 8 kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan perhitungan uji t-test menggunakan program SPSS Versi 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) stress belajar siswa berada pada kategori tinggi (2) penerapan teknik solution focused brief counseling dilakukan sesuai skenarion yaitu 5 kali pertemuan (3) penerapan teknik solution focused brief counseling dapat mengurangi stress belajar siswa di SMK Negeri 7 Majene. Berdasarkan hasil perhiitungan dengan menggunakan SPSS 26 melalui uji independent samples t test mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,00. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan dalam penelitian yaitu H0 diterima dan Ha ditolak karena nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dengan demikian hipotesis Ha berbunyi teknik solution focused brief counseling dapat mengurangi stress belajar siswa di SMK Negeri 7 Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:29
Last Modified: 31 Aug 2023 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33865

Actions (login required)

View Item View Item