Pengembangan Media Daily Journal Konseling Naratif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone

Fadli Fajar (2023) Pengembangan Media Daily Journal Konseling Naratif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone.

[img] Text
Fadli Fajar_Artikel Ilmiah Skripsi_1744041029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fadli Fajar. 2022. Pengembangan Media Daily Journal Konseling Naratif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone. Skripsi dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Nur Fadhila Umar, M.Pd; Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Bone tentang pengembangan media daily journal untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa yang dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami efikasi diri akademik yang rendah dan belum ada penangangan khusus untuk mengatasi efikasi diri akademik disekolah tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gambaran kebutuhan pengembangan media daily journal konseling naratif untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone?, (2) Bagaimana prototipe media daily journal konseling naratif untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone?, (3) Bagaimana validitas dan kepraktisan pengembangan media daily jounal konseling naratif untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa di UPT SMA Neegeri 13 Bone?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Menjelaskan dan mendeskripsikan gambaran kebutuhan pengembangan media daily journal konseling naratif untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone, (2) Menjelaskan dan medeskripsikan prototipe pengembangan media daily journal konseling naratif untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone, (3) Menjelaskan dan mendeskripsikan validitas dan kepraktisan pengembangan media daily jounal konseling naratif untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa di UPT SMA Neegeri 13 Bone. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi peneliti sesuai dengan kebutuhan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 13 Bone yang berjumlah 13 siswa dalam uji kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Data Kualitatif dan Statistif Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Menurut guru BK, siswa membutuhkan layanan BK berupa media untuk memudahkan siswa mengenal dirinya dan mengetahui masalah yang dialaminya, akan tetapi sekolah tersebut belum memiliki layanan BK yang sesuai. (2) Media daily journal dibuat menggunakan aplikasi canva yang terdiri dari sampul, halaman awal, biodata siswa, materi efikasi diri akademik, modul buku yang dikembangkan berdasarkan langkah konseling naratif, dan ayo ceritakan tugas sekolah dan kegiatan sehari-hari serta quotes. (3) Validasi ahli materi mendapatkan skor 43 presentase 89,5% dengan kualifikasi sangat valid, validasi media mendapatkan skor 60 presentase 83% dengan kualifikasi sangat valid dan uji praktisi mendapatkan skor 57 presentase 89% dengan kualifikasi sangat baik. Angket penilaian pengembangan media daily journal total skor 468 dengan presentase 88%.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:41
Last Modified: 30 Aug 2023 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33863

Actions (login required)

View Item View Item