Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di SMPN 24 Makassar

Nurul Azizah (2023) Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di SMPN 24 Makassar.

[img] Text
Jurnal Ica Fix_060441.pdf

Download (786kB)

Abstract

Nurul Azizah, 2023. Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di SMPN 24 Makassar. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si dan Akhmad Harum, S.Pd, M.Pd). Penelitiaan ini menelaah Penerapan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Self Esteem siswa di SMPN 24 Makassar. Kajian utama dari penelitian ini adalah: (1) Gambaran self esteem siswa di SMPN 24 Makassar. (2) Gambaran pelaksanaan teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem siswa di SMPN 24 Makassar. (3) Teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem siswa di SMPN 24 Makassar. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen model quasi eksperimen design. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang yang terbagi menjadi 6 kelompok eksperimen dan 6 kelompok control. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Self Esteem siswa sebelum diberikan perlakuan berupa teknik assertive training berada pada kategori rendah (2) Penerapan teknik assertive training dilakukan sesuai skenario yaitu 6 kali pertemuan (3) Penerapan teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem siswa di SMPN 24 Makassar. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 25 melalui uji independent samples t test mendapatkan nilai sig. (2-tailed) 0.000. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan dalam penelitian ini yaitu H0 ditolak dan Ha diterima karena nilai signifikansi (2-tailed) < dari 0.05, dengan demikian hipotesis Ha berbunyi teknik assertive training dapat meningkatkan self esteem siswa di SMPN 24 Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:22
Last Modified: 30 Aug 2023 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33861

Actions (login required)

View Item View Item