Penerapan Teknik Konseling Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Body Shame Siswa di SMA Negeri 1 Buntumalangka.

Kresna Mayora (2023) Penerapan Teknik Konseling Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Body Shame Siswa di SMA Negeri 1 Buntumalangka.

[img] Text
Jurnal_Kresna Mayora_1844041032.pdf

Download (947kB)

Abstract

Kresna Mayora. 2023. Penerapan Teknik Konseling Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Body Shame Siswa di SMA Negeri 1 Buntumalangka. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons. Dan Bapak Akhmad Harum, S.Pd., M.Pd.) Penelitian ini membahas tentang penerapan teknik konseling cognitive restructuring untuk mengurangi body shame siswa di SMA Negeri 1 Buntumalangka. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran body shame yang dialami siswa SMA Negeri 1 Buntumalangka (2) Untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan teknik konseling cognitive restructuring untuk mengurangi body shame yang dialami siswa SMA Negeri 1 Buntumalangka (3) Untuk mengetahui apakah teknik konseling cognitive restructuring dapat mengurangi body shame yang dialami siswa SMA Negeri 1 Buntumalangka. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model quasi eksperimental design. Desain eksperimen yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Buntumalangka kelas X dan XII TA. 2021/2022 yang terindikasi mengalami body shame sesuai hasil penyebaran angket, yaitu sebanyak 16 orang. Teknik penetuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 16, sesuai jumlah populasi. 16 siswa tersebut yang terbagi menjadi dua, yaitu 8 siswa untuk kelompok eksperimen dan 8 siswa untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen skala body shame dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik, yaitu uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) body shame yang dialami siswa berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi, pada saat pretest. Kemudian, tingkat body shame siswa kelompok eksperimen mengalami penurunan kategori pada saat posttest, sedangkan kelompok kontrol tetap. (2) pelaksanaan teknik konseling cognitive restructuring untuk mengurangi body shame yang dialami siswa SMA Negeri 1 Buntumalangka dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah direncanakan. (3) Teknik konseling cognitive restructuring dapat mengurangi body shame yang dialami siswa SMA Negeri 1 Buntumalangka. Dibuktikan dengan adanya perbedaan tingkat body shame antara kelompok yang diberi perlakuan dan kelompok yang tidak diberi perlakuan berupa konseling dengan teknik cognitive restructuring.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:09
Last Modified: 30 Aug 2023 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33859

Actions (login required)

View Item View Item