Saiyadi, Muh (2011) Aplikasi Computer Assisted Instruction (CAI) Setting Kooperatif dalam Meningkatkan Pemahaman Keruangan dan Minat Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (41kB) |
Abstract
ABSTRAK Aplikasi Computer Assisted Instruction (CAI) Setting Kooperatif dalam Meningkatkan Pemahaman Keruangan dan Minat Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Jeneponto. (dibimbing oleh Djadir dan Rusli). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran ruang dimensi tiga berbantuan program CAI dengan setting kooperatif, (2) mengetahui peningkatan pemahaman keruangan siswa kelas XB SMAN 1 Batang Kabupaten Jeneponto, (3) mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa kelas XB SMAN 1 Batang Kabupaten Jeneponto, Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan materi ruang dimensi tiga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA Negeri 1 Batang Kabupaten Jeneponto sebanyak 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran ruang dimensi tiga berbantuan program CAI setting kooperatif dapat terlaksana dengan baik, jika dilaksanakan diruang laboratorium komputer yang mempunyai fasilitas lengkap. Dalam pembentukan kelompok, siswa yang pintar diberi kesempatan untuk memilih teman kelompoknya, dengan tetap mempertimbangkan faktor heterogennya dan mengoptimalkan peran siswa yang berada pada level menengah untuk memfasilitasi siswa yang pintar dengan yang tidak pintar. (2) skor rata-rata pemahaman keruangan siswa kelas XB SMA Negeri 1 Batang setelah diajar dengan menggunakan program CAI berada pada kategori tinggi. (3) ) skor rata-rata minat belajar matematika siswa kelas XB SMA Negeri 1 Batang setelah diajar dengan menggunakan program CAI berada pada kategori tinggi. (4) ) skor rata-rata post tes hasil belajar matematika siswa kelas XB SMA Negeri 1 Batang setelah diajar dengan menggunakan program CAI berada pada kategori tinggi. (4) aktivitas yang dilakukan siswa meningkat terutama aktivitas dalam hal mengerjakan LKS, dan berdiskusi/bertanya sesama siswa (5) Skor rata-rata pengelolaan pembelajara berada pada kategori sangat baik, (6) Pada umumnya siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran dengan rogram CAI, sebagai aplikasi dari hasil penelitian ini maka disarankan agar dalam proses pembelajaran dengan materi ruang dimensi tiga hendaknya guru menggunakan program CAI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 00:20 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 00:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3384 |
Actions (login required)
View Item |