IRNA YANA (2023) PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN PADA PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAR IPA SISWA KELAS III SD INPRES 12/79 LEBBAE KEBUPATEN BONE.
Text
JURNAL IRNA YANA .docx Download (97kB) |
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini melihat pengaruh penerapan PBL berbasis lingkungan terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres 12/79 Lebbae Kabupaten Bone pada pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan PBL terhadap kemandirian,hasil belajar IPA pada siswa SD Inpres 12/79 Lebbae Kabupaten Bone. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental Design yang terdiri dari 3 kali pertemuan dengan tahap kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan,observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah pengaruh penerapan PBL berbasis kemandirian dan hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD Inpres 12/79 Lebbae Kabupaten Bone. Pada semester genap tahun 2022/2021 yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik dari aktivitas guru dan siswa didalam kemandirian dan hasil belajar siswa. Kesimpulan penerapan PBL berbasis lingkungan munggunakan lingkungan biotik dan abiotik dilingkungan sekolah dan sekitarnya. Siswa memiliki sikap kemandirian dan hasil belajar yang meningkat setelah melakukan pembelajaran menggunakan PBL berbasis lingkungan terdapat perkembangan sikap kemandirian dan hasil belajar IPA siswa SD Inpres 12/79 Lebbae Kabupaten Bone. artikel global journal basic education dengan akses terbuka dibawah lisensi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 02:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 02:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33828 |
Actions (login required)
View Item |